BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Seorang guru harus mampu
menguasai materi pembelajaran dan memiliki kemampuan untuk menetapkan strategi yang tepat dalam pembelajaran, untuk
melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Prinsipnya adalah guru harus dapat menyesuaikan strategi mengajar dengan materi pelajaran yang diberikan.
Pemilihan strategi mengajar
merupakan salah satu komponen yang harus
ada dalam pelaksanaan proses pembelajaran untuk membantu siswa meraih tujuan mereka atau mengintegrasikan
konten. Strategi merupakan cara melibatkan para
pemelajar dalam kegiatan belajar mengajar tertentu (Smaldono, 20011: 23)
Kegiatan pembelajaran
diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai
kompetensi yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran mengembangkan
kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam
kebersamaan dan mengaktualisaaikan diri. Dengan
demikian, kegiatan pembelajaran perlu: 1) berpusat pada peserta didik; 2)
mengembangkan kreativitas peserta didik: 3) menciptakan kondisi yang
menyenangkan dan menantang; 4) bermuatan, nilai, etika, logika, dan kinestetika, dan 5) menyediakan
pengalaman belajar yang beragam (Puskur,
dalam Majid 2008).
Thorndike (1913) dalam Sanjaya (2006:
113) mengatakan bahwa belajar adalah pembentukan asosiasi antara kesan yang
ditangkap pancaindra dengan kecendrungan untuk bertindak atau hubungan antara
stimulus dan Respons (S-R).
Penggunan media dalam proses pembelajaran dapat mempermudah
siswa dalam memperoleh keterampilan dan pengetahuan untuk memahami konsep-konsep pelajaran
dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk
memecahkan mesalah – masalah yang dihadapi.
Menurut Nuriani (2005) bahwa proses belajar mengajar
merupakan yang mengandung kegiatan interaksi antara guru-siswa dan
komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk
mencapai tujuan belajar. Peranan dan fungsi guru sangat
menentukan serta mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan
hasil belajar siswa. Sejalan dengan ini menurut Depdiknas
(2004) kegiatan belajar hanya bisa berlangsung jika pebelajar secara aktif
mengalami sendiri proses belajar. Seorang guru tidak dapat “mewakili” belajar
untuk siswanya.
Menurut Depdiknas (2004), pekerjaan mengajar tidak selalu harus diartikan
sebagai kegiatan menyajikan materi pelajaran, meskipun kegiatan menyajikan
materi pelajaran bagian dari pembelajaran, tetapi bukanlah satu-satunya. Masih banyak cara lain yang
dapat dilakukan guru untuk membuat siswa belajar. Peran yang seharusnya dilakukan guru
adalah mengusahakan agar setiap siswa dapat berinteraksi secara aktif dengan
berbagai sumber belajar yang ada.
Pengalaman penulis
sebagai guru mata pelajaran IPA SMP Negeri 7 Kunto Darussalam pada kelas VIII, masih
banyak dijumpai siswa yang kesulitan memahami beberapa konsep pelajaran IPA.
Hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan
materi pembelajaran, guru tidak menggunakan media yang tepat serta sarana dan
prasarana yang ada di sekolah kurang memadai terutama alat-alat laboratorium.
(Briggs, 1977) mengatakan bahwa pemakaian media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan
sarana untuk merangsang siswa agar terjadi proses belajar.
Bertitik tolak dari uraian diatas maka penulis
mencoba merancang media pembelajaran pada Kompetensi Dasar “menyelidiki tekanan
pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari”.
B. Media Pembelajaran
Menurut Nuriani (2002) media adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan pesan, yang dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa
sehinmgga mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya. Sedangkan
menurut (Gagne, 1970) media merupakan
berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang mereka
untuk belajar.
Media adalah segala sesuatu
yang dapat menyalurkan informasi dari sumber kepada penerima (Depdiknas 2004).
Media adalah segala sesuatu yang
digunakan orang untuk menyalurkan pesan (AECT).
Fungsi utama media
pembelajaran menurut Arsyad (2008) adalah sebagai alat bantu mengajar yang
turut mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan
diciptakan oleh guru. Kemp dalam Sanjaya (2008) mengemukakan
bahwa media memiliki kontribusi yang sangat penting terhadap proses pembelajaran. Di
antara kontribusi tersebut adalah: a) Penyampaian materi pelajaran dapat lebih
terstandar, b) pembelajaran dapat lebih menarik, c) pembelajaran lebih efektif,
d) waktu pelaksanaan pembelajaran dapat dikurangi, e) kualitas pembelajaran
dapat ditingkatkan, proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan
dimanapun diperlukan.
Menurut Sanjaya (2008) untuk
memilih suatu media dalam pembelajaran ada beberapa prinsip yang harus
diperhatikan, antara lain : a) Pamilihan media harus sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai. Adapun tujuan tersebut bersifat kognitif, afektif
dan fisikomotorik, b) harus berdasarkan konsep yang jelas, c) harus disesuaikan
dengan karakteristik siswa, d) harus sesuai dengan gaya belajar siswa dan
kemampuan guru, e) harus sesuai dengan kondisi lingkungan,
fasilitas dan waktu yang tersedia untuk kebutuhan pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran
dalam proses pembelajaran diharapkan
dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan
merangsang keinginan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. (Sanjaya,
2008)
Proses pembelajaran
merupakan proses komunikasi, dalam proses komunikasi selalu melibatkan tiga
komponen pokok yaitu komponen pengirim pesan (guru), komponen penerima pesan
(siswa), dan komponen pesan itu sendiri yang biasanya materi pelajaran. Agar
pesan atau materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dipahami oleh
siswa dengan baik, maka guru dapat merancang media pembelajaran. Penggunaan media
dapat menambah motivasi siswa sehingga perhatian siswa terhadap materi
pembelajaran dapat lebih meningkat Sanjaya (2009:169). Dalam
penggunaan media harus disesuaikan dengan keadaan siswa serta SK dan KD agar tujuan pembelajaran dapat dipahami
oleh siswa, dalam hal ini media yang digunakan adalah media visual.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Analisis Kelas
Penggunaan media pembelaharan
dapat mempermudah siswa dalam memperoleh keterampilan dan pengetahuan untuk
memahami konsep – konsep pembelajaran dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk
memecahkan masalah – masalah yang dihadapi.
Model ASSURE merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk kelancaran
merancang dan aplikasi sebuah media dalam pembelajaan.
ANALYZE
LEANER (Menganalisis
Peserta Didik).
Menurut Smaldino, ada beberapa hal yang harus
diperhatikan, yaitu:
- Karakteristik
Umum
SMPN 7 Kunto Darussalam didirikan pada tahun 2010 terletak di Desa Bukit Intan Makmur dengan
jarak 4 KM dari ibu kota kecamatan Kunto
Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau. Desa Bukit Intan Makmur
merupakan desa Transmigrasi khusus yang penduduknya berasal dari pulau Jawa dan daerah lainnya termasuk
warga tempatan dari kotalama. Mata pencahariannya bergerak disektor perkebunan kelapa sawit. Sehinga siswa yang masuk di SMPN
7 Kunto Darussalam ini terdiri dari berbagai suku. Pada tahun pelajaran
2011/2012 jumlah rombongan belajar kelas VII terdiri dari 1 rombel dan kelas
VIII terdiri dari 2 rombel. Kelas VII terdiri dari 32 orang siswa dan kelas
VIII terdiri dari 50 orang siswa.
Tenaga pendidik
berjumlah 13 orang, sebagai guru tetap berjumlah 3 orang honorer berjumlah 10
orang dan tenaga tatusaha berjumlah 2 orang.
Tahap perkembangan siswa kelas VIII
SMP merupakan tahap operasional Formal dengan kisaran usia 11 tahun keatas
menurut teori Piaget. Pada tahap ini siswa mulai berpikir sistematik, abstrak,
dengan menggunakan logika matematika. Tetapi tentu saja tiap individu kadar
perkembangan mentalnya akan berbeda, mengingat adanya perbedaan pengalaman yang
menyangkut faktor-faktor pemercepat perkembangan mental, khususnya faktor pengalaman sosial.
Sekolah sebagai salah satu bentuk
pendidikan formal harus dapat bertindak sebagi lingkungan yang dapat memberikan
dan menambah pengalaman sosial. Pengalaman mental memungkinkan otak bekerja
mengembangkan persepsi dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Hal ini senada
dengan pendapat piaget bahwa “tak ada kegiatan belajar tanpa adanya
pengalaman”.
Oleh sebab itu
seorang sains harus mampu mengemas proses pembelajaran agar dapat memberikan
pengalaman yang bermakna bagi siswa. Lingkungan belajar harus dirancang
sedemikian rupa sehingga siswa diberi kesempatan untuk berlatih memecahkan
masaalah. Pemecahan masaalah dilakukan melalui kegiatan mental, sehingga dia
akan menemukan sendiri konsep maupun prinsip. Sementara itu guru bertindak
sebagai fasilisator, membantu siswa dalam kegiatan penemuan.
- Spesifikasi
Kemampuan Awal
Sejak di
sekolah dasar siswa SMP telah mempelajari materi IPA, oleh sebab itu mereka
telah mempunyai kemampuan awal mengenai materi IPA. Untuk mengetahui kemampuan
awal siswa diadakan sebelum memulai proses belajar biasanya diadakan tes. Dari
hasil tes ini lah guru dapat menentukan tingkat pemahaman siswa sehingga seorang
guru dapat menentukan materi mana yang telah dipahami siswa dan yang belum
dipahami siswa serta menentukan strategi dan media yang dapat digunakan.
- Gaya
Belajar
Gaya belajar siswa berbeda-beda, gaya belajar siswa SMPN 7
Kunto Darussalam kelas VIII ini dibagi tiga yaitu: ada yang visual, audio visual
dan kinestetik.
B. STATE OBJECTIVES ( Merumuskan Tujuan Pembelajaran)
Rancangan media ini dilaksanakan
pada :
a.Nama Sekolah : SMPN 7 Kunto Darussalam
b. Mata
Pelajaran : IPA
c. Kelas/semester : VIII/dua
a. Standar
Kompetensi:
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi, dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kompetensi
Dasar:
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
c. Indikator:
1)
Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi
besarnya tekanan pada zat padat, cair dan gas.
2)
Menentukan besar tekanan pada zat padat, cair dan gas
3)
Menyeburkan alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip
tekanan pada zat padat, cair dan gas.
d. Materi pembelajaran: Tekanan pada zat
padat, cair dan gas.
e. Tujuan Pembelajaran:
1)
Melalui percobaan siswa dapat menjelaskan faktor yang
mempengaruhi besarnya tekanan pada zat padat, cair dan gas dengan benar.
2)
Melalui diskusi siswa dapat menghitung besar tekan pada
zat padat, cair, dan gas denagn benar.
3)
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan beberapa contoh
alat yang bekerja berdasarkan prinsif tekanan pada zat padat, cair, dan gas
dengan benar.
C. SELECT
METHODS, MEDIA AND MATERIAL (Memilih metode, media dan bahan ajar)
Seorang guru harus mampu menguasai materi pembelajaran
dan memiliki kemampuan untuk menetapkan metode yang tepat dalam pembelajaran,
untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Prinsipnya adalah
guru harus dapat menyesuaikan metode mengajar dengan materi pelajaran yang
diberikan. Pemilihan metode mengajar merupakan salah satu komponen yang harus
ada dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Penggunaan metode mengajar yang
sesuai dengan materi yang akan disampaikan untuk mencapai tujuan pembelajaran
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa (Djamarah, 2006:7) Dalam rancangan media
ini metode yang diganakan adalah metode inkuiri dengan media visual.
D.UTILIZE
MEDIA AND MATERIALS (Memanfaatkan
media dan bahan ajar)
Ada
beberapa syarat pengembengan media antara lain adalah: (a) mudah dilihat, (b)
Menarik, (c) Sederhana, (d) Isinya bermanfaat, (e) Benar, (f) Masuk akal, dan
(g) Terstuktur.
E. REQUIRE
LEARNER PARTICIPATION (Mengembangkan
peran peserta didik)
Dalam mengaktifkan pembelajar di proses pembelajaran tentulah memerlukan
sentuhan psikologis. Dan pada mata pelajaran IPA teori belajar yang
digunakan adalah pendekatan konstruktivisme. Dimana denagn pendekatan
konstruktivis siswa dapat mengkonstruksikan sendiri materi yang dipelajari,
sehingga dapat bertahan lama dalam ingatannya.
F. EVALUATE
AND REVIEW (Menilai dan
Memperbaiki)
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauhmana
tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Evaluasi dilakukan pada
ranah kognitif dan fisikomotor siswa.
DAFTAR RUJUKAN
Abdulmajid, (2008:17), Perencanaan Pembelajaran, PT Remaja Rosda Karya : Bandung.
Arsyad, (2008:24), Media Pembelajaran, Rajawali Press :
Jakarta.
Anonim, Depdiknas (2004: 4), Media Pembelajaran : Jakarta.
Djamarah, Aswan Zain, (2006: 7), Strategi
Belajar Mengajar,. Rineka Cipta: Jakarta.
Nuriani, (2005 : 5), Strategi Pembelajaran Biologi – Cetakan I, Malang, Universitas Malang.
Sanjaya, W, (2008: 113), Perencanaan dan Desain
Sistim Pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana Perdana Media
Grup: Rawamangun, Jakarta.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/
semester : VIII
Standar
Kompetensi : 5. Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam
kehidupan sehari
– hari.
Kompetensi
Dasar : 5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Waktu : 2 x 40
menit
Indikat
|
:
|
1)
Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi
besarnya tekanan
2)
Menentukan besar tekanan pada zat padat
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
-
Rasa ingin tahu
-
Kreatif
|
Diskripsi
karakter
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
1)
Setelah demosntrasi sisiwa dapat menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan pada zat padat dengan benar.
2)
Setelah diskusi sisiwa dapat menentukan besarnya
tekanan pada zat padat dengan benar.
|
Materi
Pembelajaran
|
:
|
Tekanan
pada zat padat
|
|
|
|
Metode
|
:
|
Demostrasi
|
|
|
|
Model
pembelajaran
|
:
|
Iknuiri
terbimbing
|
Sumb
er
belajar
|
:
|
Lingkungan
sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
Jenis Media
1.Beberapa jenis kubus (baja, besi, aluminium)
Kegiatan
Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan:
Motivasi : Mana lebih dalam
jejak spatu hak tinggi dan runcing dari yang datar?
Prasyarat
pengetahuan : Mana lebih mudah memasukkan paku pada gambar berikut?
1.
Menulis judul / materi pembelajaran
2.
Menulis tujuan pembelajaran
|
5’
|
B
|
Kegiatan
inti :
Eksplorasi,
guru:
1.
Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan
sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
2.
Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
3.
Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa
ingin tahu)
4.
Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru
membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
1.
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi
(nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru
memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru
memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan
dipapan tulis
|
50’
|
|
Penutup
:
Rangkuman
TEKANAN
PADA ZAT PADAT
Tekanan
adalah besarnya gaya tiap satuan luas permukaan bidang tekan. Dirumuskan
dengan: P = F/A
P
= tekanan (N/m2)
F
= Gaya Tekan (N)
A
= Luas bidang tekan (m2)
Faktor-faktor
yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah:
1.
Luas bidang tekanan
2.
Besar nya gaya tekana
|
20
|
|
Refleksi
|
5’
|
|
2.Guru
memberikan tes tertulis/ penilaian
a.
teknik penilaian : tes tertulis /
subjektif
b.
Bentuk instrumen : esai
|
10’
|
Kartu soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Ranah Kognitif
|
1
|
Tekanan
pada zat padat
|
Siswa
dapat menentukan besar besarnya takanan pada zat padat
Siswa
dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besar tekanan
|
1
2
|
Sebuah
balok beratnya 50 N terletak diatas meja. Luas permukaan yang bersentuhan
dengan meja sebesar 0,4 m2. Berapakah tekanan gaya berat balok terhadap meja
tersebut?
Sebutkan
faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan pada zat!
|
P=F/A
P
= 50/0,4
=
125N/m2
|
|
C2
|
Mengetahui,
|
Bukit
Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
|
Kepala
Sekolah
|
Guru
mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
BASHORI,
A.MaPd
|
YUSTINI,
S.Pd
|
19621108199231003
|
196204141983022002
|
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Nama Siswa :
Kelas/semester :
Judul : Tekanan pada zat padat
Tujuan : Mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan pada zat padat
4. Jelaskan mengapa bemikian!
|
Ø
Membekasnya kubus pada plastisin menunjukkan
besarnya tekanan gaya berat setiap kubus pada plastisin.
Ø
Semakin berat suatu benda, semakin besar pula
tekanannya atau semakin gaya yang bekerja pada suatu benda semakin besar
tekanannya.
|
B.
Luas Bidang Tekan
I.
Mengamati bekas batu bata yang di jatuhkan pada tanah becek.
a.Jatuhkan
batu bata pada pada ketinggian tertentu pada tanah becek/plastisin, mula-mula
posisinya tegak, kemudian posisinya mendatar. Lihat gambar!
b.
Bandingkan kedalaman tempat jatuhnya batu bata tersebut!
II.
Mengamati jejak hak sepatu tinggi lancip dan hah rendah lebar.
Dua orang siswa A dan B berjalan ditanah
yang becek dengan memakai sepatu yang berbeda. Siswa A memakai sepatu hak tinggi dan lancip dan
siswa B memakai sepatu rendah dan
lebar.
Bandingkanlah
injakan sepatu siswa tersebut! Manakah yang lebih dalam injakannya?
III.
Mengamati injakan kaki ayam dan bebek
Amatilah injakan kaki ayam dan bebek
yang sedang berjalan pada tanah yang becek, diantara hewan tersebut manakah
yang menghasilkan injakan yang lebih dalam? Mengapa demikian?
Bekas injakan kaki ayam dan itik

Buatlah
kesimpulanmu!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/
semester : VIII
Standar
Kompetensi :5. Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam
kehidupan sehari – hari.
Kompetensi
Dasar : 5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Waktu : 2 x 40
menit
Indikator
|
:
|
1.Mendeskripsikan
faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan
2.Menentukan
besar tekanan pada zat padat
3.Menenentukan
besarnya tekanan hidrostatik
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
-
Rasa ingin tahu
-
Kreatif
|
Diskripsi
karakter
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
1.
Setelah percobaan siswa dapat menyebutkan 2 faktor yang mempengaruhi tekanan
pada zat cair.
2. Setelah percobaan siswa dapat menghitung
besar tekanan hidrostatik dengan benar.
|
Materi
Pembelajaran
|
:
|
Tekanan
Hidrostatis
|
|
|
|
Metode
|
:
|
Demostrasi
|
|
|
|
Model
pembelajaran
|
:
|
Iknuiri
terbimbing
|
Sumber
belajar
|
:
|
Lingkungan
sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
|
Kegiatan
Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan:
Motivasi :
Prasyarat
pengetahuan :
1.Menulis
judul / materi pembelajaran
2.Menulis
tujuan pembelajaran
|
5’
|
B
|
Kegiatan
inti :
Eksplorasi,
guru:
1.Siswa
duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
2.Guru
memberikan LKS pada masing-masing
kelompok sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3.Menjelaskan
cara mengerjakan LKS (nilai: rasa ingin tahu)
4.Masing
– masing kelompok mendiskusikan LKS guru membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
1.Salah
satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi (nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru
memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru
memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan
dipapan tulis
|
50’
|
|
Penutup
:
Rangkuman
Faktor-faktor
yang mempengaruhi besarnya tekanan Hidrostatis adalah:
1.Kedalaman
zat zair
2.
Masa jenis zat
3.
Percepatan gravitasi
TEKAKANAN
HIDROSTATIS
Rumus
tekanan hidrostatik:
P Hidrostatik
= p . g . h
P
H = tekanan didalam zat cair (N/m2)
P = massajenis zat cair ( Kg/m3)
g = percepatan gravitasi ((m/s2) atau
(N/Kg)
h = kedalaman zat cair (m)
|
20
|
|
Refleksi
|
5’
|
|
2.Guru
memberikan tes tertulis/ penilaian
a.
teknik penilaian : tes tertulis / subjektif
b.
Bentuk instrumen : esai
|
10’
|
Kartu soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Ranah Kognitif
|
1
|
Tekanan
hidrostatis
|
Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang
mempengaruhi besar tekanan pada zat cair
Siswa dapat menghitung besar tekananpada zat cair
|
1
2
|
Sebutkan
2 faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatik!
Sebuah
bak berisi air setinggi 2 m. Jika massa air 1000 Kg/m3, percepatan gravitasi
10 m/s2. Tentukanlah tekanan hidrostatiknya!
|
a.Kedalaman
zat cair
b.Masa
jenis zat
P= pgh
1000
x 10 x 2
=
20.000 N/m2
|
2
3
|
C2
|
Mengetahui,
|
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
|
Kepala Sekolah
|
Guru mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
BASHORI, A.MaPd
|
YUSTINI, S.Pd
|
19621108199231003
|
196204141983022002
|
|
|
LEMBER KERJA SISWA
Nama Siswa :
Kelas/semester :
Judul : Tekanan pada zat
cair
Tujuan : Mengukur tekanan zat
cair
Alat dan
bahan :
1. Sebuah tabung mineral dengan tiga lubang berukuran sama dan
segaris, tetapi ketinggian berbeda.
2. Isolasi
3. Air
Cara kerja:
1. Tandailah lubang kaleng secara
berurutan dari atas kebawah dengan A, B, dan C.
2. Tutuplah lubang dengan isolasi, dan
isilah tabung dengan air sampai penuh.
3. Bukalah ketiga lubang dengan menarik
isolasi
4. Sambil terus-menerus mengisi air ke
dalam tabung, amatilah jatuhnya air yang memancar dari ketiga lubang tabung.
5. Samakah tempat jatuhnya air yang
terpancar dari ketiga lubang itu? Mengapa demikian?
6. Buatlah kesimpulanmu!
LEMBER KERJA SISWA
Nama Siswa :
Kelas/semester :
Judul : Pipa Hartl
Tujuan : Mengukur tekanan zat
cair dengan pipa Hartl
Alat dan
bahan :
1.Pipa
berbentuk U
|
5.Corong
|
2.Ember
|
6.Karet
tipis/bahan karet
|
3.Statif
|
7.Air
|
4.slang
Plastik
|
8.Minyak
Tanah
|
Cara Kerja:
1. Rangkailah alat seperti gambar di
samping!
2. Isilah sebagian pipa U dengan air.
Pada keadaan awal,
Tinggi permukaan air pada kedua kaki
sama)
 |
|
|
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/
semester : VIIIStandar
Kompetensi :5. Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam
kehidupan sehari – hari.
Kompetensi
Dasar : 5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Waktu : 2 x 40
menit
Indikator
|
:
|
1.Mendeskripsikan
hukum paskal
2.
Meyebutkan contoh alat yang bekerja berdasarkan hukum pascal
3.
Menentukan besarnya gaya yang bekerja pada kempa hidrolik
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
-
Rasa ingin tahu
-
Kreatif
|
Diskripsi
karakter
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
1)
Setelah demosntrasi dengan menggunakan alat paskal
siswa dapat menjelaskan hukum pascal dengan benar
2)
Setelah diskusi siswa dapat menyebutkan contoh
alat-alat yang bekerja berdasarkan hukum pascal.
3)
Setelah diskusi siswa dapat mennetukan besar gaya
yang bekerja berdasarkan hukum paskal.
|
Materi
Pembelajaran
|
:
|
Hukum
paskal
|
|
|
|
Metode
|
:
|
Demostrasi
|
|
|
|
Model
pembelajaran
|
:
|
Iknuiri
terbimbing
|
Sumber
belajar
|
:
|
Lingkungan
sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
|
|
|
|
Kegiatan
Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan:
Motivasi : Apa yang terjadi
jika alat paskal ini diisi dengan air lalu ti tekan ?
Prasyarat
pengetahuan : Mengapa terjadi demikian?
1.Menulis judul
/ materi pembelajaran
2.Menulis
tujuan pembelajaran
|
5’
|
B
|
Kegiatan
inti :
Eksplorasi,
guru:
1.
Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan
sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
1.
Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
2.
Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa
ingin tahu)
3.
Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru
membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
a.
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi
(nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru
memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru
memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan
dipapan tulis
|
50’
|
|
Penutup
:
Rangkuman
Hukum
Pascal
Tekanan
yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan kesegala
arah dengan sama besar.
Besarnya
tekanan yang diteruskan menurut pascal adalah:
F2
= F1. A2/A1
F1
= Gaya pada pengisap kecil (N)
F2
= Gaya pada pengisap besar (N)
A1
= Luas penampang pengisap kecil (m2)
A
2 = Luas penampang pengisap besar (m2)
contoh:
Mesin
hidrolik dengan penampang A1 = 20 cm2 dan penampang A2 = 200 cm 2. Jika pada
penampang A1 dikerjakan gaya 50 N, tentukan besar gaya yang dihasilkan pada
penampang A2!
Diketehui:
A1= 20 cm2
A2 = 200 cm2
F1 = 50 N
Ditanya
: F2 ……….?
Jawab : F2 = A2 / A 1 X F1 = 200 / 20 X 50 = 500
N
Alat-alat
yang bekerja bedasarkan hukum pascal adalah:
|
20
|
|
Refleksi
|
5’
|
|
2.Guru
memberikan tes tertulis/ penilaian
a.
teknik penilaian : tes tertulis /
subjektif
b.
Bentuk instrumen : esai
|
10’
|
Kartu soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Ranah
Kognitif
|
1
|
Hukum
Pascal
|
Siswa
dapat mendeskripsikan hukum Pascal
Siswa
dapat menentukan besar gaya yang di teruskan oleh zat cair dalam ruang
tertutup menurut hukum Pascal
Siswa dapat menyebutkan alat-alat yang bekerja
berdasarkan hukum Pascal
|
1
2
3
|
Jelaskan
hukum Pascal!
Sebutkan
2 jenis alat yang bekerja berdasarkan hukum pascal!
|
|
|
C1
|
Mengetahui,
|
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
|
Kepala Sekolah
|
Guru mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
BASHORI, A.MaPd
|
YUSTINI, S.Pd
|
19621108199231003
|
196204141983022002
|
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Nama :
Kelas :
Judul : Hukum
Paschal
Tujuan :
Mengetahui pengaruh tekanan pada zat cair melalui hukum
paschal.
Alat dan bahan:
1.Sebuah ruas bamboo atau pipa paralon bergaris tengah 3 – 4
cm.
2. Bor kecil
3. Pengisap atau klep terbuat dari kain basah
Cara Kerja:
1. Lubangi
ujung dekat bamboo dengan bor kecil dan buatlah enam lubagng mengelilingi
bamboo.
2. Pada ujung
yang lain masukkan pengisap atau klep (bamboo ini berfungsi seperti pompa).
3. Masukkan
ujung pompa yang berlubang kedalam air, lalu tarik pengisap keluar sehingga air
masuk kedalam bambu.
4. Angkatlah
pompa itu, kemudian tekanlah pengisap dengan cepat.
5. Amati
pancaran air dari setiap lubang. Samakah panjang pancaran air dari lubang
tersebut? Mangapa demikian?
6. Buatlah
kesimpulanmu!
7. Amatilah
gambar dibawah ini! Jelaskan prinsip kerjanya!
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/
semester : VIII
Standar
Kompetensi :5. Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam
kehidupan sehari – hari.
Kompetensi
Dasar : 5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Waktu : 2 x 40
menit
Indikator
|
:
|
1.
Mendeskripsikan hukum bejana berhubungan
2.
Menyebutkan alat-alat yang bekerja berdasarkan
hukum bejana berhubungan
3.
Menentukan besar masa jenis zat cair yang ada pada
bejana berhubungan
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
-
Rasa ingin tahu
-
Kreatif
|
Diskripsi
karakter
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
1.Mendeskripsikan
hukum bejana berhubungan
2.
Menyebutkan alat-alatyang bekerja berdasarkan hukum bejana berhubungan
3.
Menentukan besarnya masajenis zat cair pada bejana berhubungan
|
Materi
Pembelajaran
|
:
|
Hukum
bejana berhubungan
|
|
|
|
Metode
|
:
|
Demostrasi
|
|
|
|
Model
pembelajaran
|
:
|
Iknuiri
terbimbing
|
Sumber
belajar
|
:
|
Lingkungan
sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
|
Kegiatan
Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan:
Motivasi : Jika bejana
berhubungan ini di isi dengan air apakah tinggi air didalamnya sama tinggi?
Prasyarat
pengetahuan : Mengapa terjadi demikian?
1.Menulis
judul / materi pembelajaran
2.Menulis
tujuan pembelajaran
|
5’
|
B
|
Kegiatan
inti :
Eksplorasi,
guru:
1
Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan
sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
2
Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
3
Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa
ingin tahu)
4
Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru
membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
a.
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi
(nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru
memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru
memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan
dipapan tulis
|
50’
|
|
Penutup
:
Rangkuman
Bejana
berhubungan
Apabila
bejana berhubungan diisi zat cair yang sama, dalam keadaan seimbang permukaan
zat cair pada setiap bejana terletak pada satu bidang datar.
Hukum
bejana berhubungan tidak berlaku:
1.
bagi bejana yang berupa pipa kapiler.
2.
Diisi dengan zat cair yang berbeda
3.
Salah satu pipa bejana ditutup
4.
Bejana ditutup / digoyang-goyang.
Pada
bejana berhubungan berlaku Rumus:
P2
= h1 / h2 X P1 atau P2.g. h2 = P1. g. h1
|
20
|
|
Refleksi
|
5’
|
|
2.Guru
memberikan tes tertulis/ penilaian
a.
teknik penilaian : tes tertulis /
subjektif
b.
Bentuk instrumen : esai
|
10’
|
Kartu soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Ranah Kognitif
|
|
Bejana
berhubungan
|
Siswa
dapat menybutkan hukum bejana berhubungan
Siswa
dapat menyebutkan contoh alat yang bekerja berdasarkan konsep bejanya
berhubungan
|
1
2
|
Sebutkan
hukum bejana berhubungan!
Sebutkan
2 jenis alat yang bekerja berdasarkan konsep bejana berhubungan
|
|
1
|
C
1
|
Mengetahui,
|
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
|
Kepala Sekolah
|
Guru mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
BASHORI, A.MaPd
|
YUSTINI, S.Pd
|
19621108199231003
|
196204141983022002
|
|
|
LEBAR KERJA
SISWA
Nama Siswa :
Kelas/semester :
Judul : Bejana berhubungan
Tujuan : Mengamati bentuk
permukaan air pada bejana berhubungan
Alat/bahan :
1. Bejana berhubungan
2. Ceret
3. Slang plastik dengan diameter 0,5 cm
Cara kerja:
1. Isilah air pada bejana berhubungan
2. Amati bentuk permukaan air dalam
bejana jika
Bejana dimiringkan!
3. Isilah slang plastik, ceret dan
tabung akua dengan air
seperti gambar dibawah
ini! Amati bentuk permukaan air!
4. Buatlah kesimpulanmu!
5. Sebutkan hukum bejana berhubungan!
6.
Sebutkan
penerapan konsep bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/
semester : VIII
Standar
Kompetensi :5. Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam
kehidupan sehari – hari.
Kompetensi
Dasar : 5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Waktu : 2 x 40
menit
Indikator
|
:
|
1.Mendeskripsikan
hukun Archimedes
2.
Menentukan gaya keatas pada benda yang dicelupkan kedalam zat cair
berdasarkan hukum Archimedes.
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
-
Rasa ingin tahu
-
Kreatif
|
Diskripsi
karakter
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
1.Mendeskripsikan
hukum bejana Archimedes
2.
Menghitung besar gaya keatas dabn besar volum benda yang dicelupkan pada zat
cair
|
Materi
Pembelajaran
|
:
|
Hukum
Archimedes
|
|
|
|
Metode
|
:
|
Percobaan
|
|
|
|
Model
pembelajaran
|
:
|
Iknuiri
terbimbing
|
Sumber
belajar
|
:
|
Lingkungan
sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
|
Kegiatan
Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan:
Motivasi : Mana lebih berat
mengangkat batu di dalam air dibandingkan dengan di atas permukaan air?
Prasyarat
pengetahuan : Mengapa terjadi demikian?
1.Menulis
judul / materi pembelajaran
2.Menulis
tujuan pembelajaran
|
5’
|
B
|
Kegiatan
inti :
Eksplorasi,
guru:
1
Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan
sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
2
Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
3
Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa
ingin tahu)
4
Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru
membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
a.
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi
(nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru
memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru
memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan
dipapan tulis
|
50’
|
|
Penutup
:
Rangkuman
HUKUM
ARCHIMEDES
Suatu
benda yang dicelupkan kedalam zat cair, sebagian atau seluruhnya akan
mengalami gaya keatas yang besarnya sama dengan zat cair yang dipindahkan.
Hukum
Archimedes dapat dirumuskan sebagai berikut:
Fa
= wb – wa
Fa
= VbSzc
Fa
= VbPzcg
S
= pg
|
20
|
|
Refleksi
|
5’
|
|
2.Guru
memberikan tes tertulis/ penilaian
a.
teknik penilaian : tes tertulis /
subjektif
b.
Bentuk instrumen : esai
|
10’
|
Kartu soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Ranah
Kognitif
|
|
Hukum
Archimedes
|
Menentukan
besar volum benda yang tercelup dalam
air
|
1
|
Berat
benada diudara 20 N dan di dalam air 12 N. Jika massa jenis air 1000 Kg/m3
dan percepatan gravitasi 10 m/s2,
tentukanlah !
Volum
benda yang tercelup di dalam air
|
Diketahui:
Wb
= 20 N
Pa = 1000 Kg/m3
Wa = 12 N
G = 10 m/S2
Ditanya
: V ……….?
Jawab :
Fa
= VbPzcg
Vb
=
Vb
=
= 0,0008m3
|
4
|
C2
|
Mengetahui,
|
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
|
Kepala Sekolah
|
Guru mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
BASHORI, A.MaPd
|
YUSTINI, S.Pd
|
19621108199231003
|
196204141983022002
|
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Nama Siswa :
Kelas :
Judul : Gaya Archimedes
Tujuan : Menyelidiki gaya Archimedes yang
menyebabkan batu lebih ringan di dalam air.
Alat dan
Bahan :
1. Neraca pegas
2. Dua batu dengan ukuran berbeda
3. Gelas pancuran
4. Air
5. Gelas ukur
Cara Kerja:
1.
Isilah
gelas pancuran dengan air sampai pada batas pancuran, yaitu sampai ada air yang
keluar melalui pancuran.
2.
Letakkan
gelas ukur dibawah gelas pancuran
3.
Timbanglah
sebuah batu di udara dengan menggunakan neraca pegas dan catat lah hasilnya.
4.
Masukkan
batu yang masih menggantung pada neraca pegas kedalam gelas pancuran
5.
Catatlah
hasil yang ditunjukkan oleh skala pada neraca pegas. Samakah hasil pengukuran
langkah 3 dan 4? Berapa selisihnya?
6.
Catat
juga skala permukaan air yang tumpah pada gelas ukur!
7.
Ulangi
langkah 3 sampai 6, tetapi dengan mengguanakan batu yang ukurannya lebih besar.
8.
Buatlah
kesimpulanmu!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/
semester : VIII
Standar
Kompetensi :5. Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam
kehidupan sehari – hari.
Kompetensi
Dasar : 5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Waktu : 2 x 40
menit
Indikator
|
:
|
1.Membedakan
peristiwa tenggelam, melayang dan terapung
2.
Menyebutkan 3 jenis alat yang bekerja berdasarkan hukum archimedes
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
-
Rasa ingin tahu
-
Kreatif
|
Diskripsi
karakter
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
1.
Setelah percobaan siswa dapat membedakan peristiwa
tenggelam, melayang dan terapung dengan benar.
2.
Setelah diskusi siswa dapat menyebutkan 3 jenis
alat yang bekerja berdasarkan hukum Archimedes
|
Materi
Pembelajaran
|
:
|
Tenggelam,
Melayang dan Terapung
|
|
|
|
Metode
|
:
|
Percobaan
|
|
|
|
Model
pembelajaran
|
:
|
Iknuiri
terbimbing
|
Sumber
belajar
|
:
|
Lingkungan
sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
|
Alat
dan Bahan
|
:
|
1
buah gelas, 1 butir telur ayam, garam dan air
|
Kegiatan
Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan:
Motivasi : Mana lebih berat
mengangkat batu di dalam air dibandingkan dengan di atas permukaan air?
Prasyarat
pengetahuan : Mengapa terjadi demikian?
1.Menulis
judul / materi pembelajaran
2.Menulis
tujuan pembelajaran
|
5’
|
B
|
Kegiatan
inti :
Eksplorasi,
guru:
1.
Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan
sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
2.
Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
3.
Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa
ingin tahu)
4.
Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru
membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
a.
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi
(nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru
memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru
memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan
dipapan tulis
|
50’
|
|
Penutup
:
Rangkuman
Peristiwa
Tenggelam, Melayang dan Terapung
a.Benda
tenggelam di dalam zat cair apabila:
Ø
Gaya berat benda lebih besar dari gaya ke atas zat
cair pada benda.
Ø
Masa jenis benda lebih besar dari pada massa jenis
zat cair.
b.Benda
Melayang di dalam zat cair apabila:
Ø
Gaya
berat benda sama dengan gaya ke atas zat cair pada benda.
Ø
Masa jenis benda sama dengan pada massa jenis zat
cair.
c.
Benda Terapung apabila :
Ø
Gaya berat benda sama dengani gaya ke atas zat
cair pada benda.
Ø
Masa jenis benda lebih kecil dari pada massa jenis
zat cair.
|
20
|
|
Refleksi
|
5’
|
|
2.Guru
memberikan tes tertulis/ penilaian
a.
teknik penilaian : tes tertulis /
subjektif
b.
Bentuk instrumen : esai
|
10’
|
Kartu soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Ranah Kognitif
|
|
Tenggelam,
Melayang
Terapung
|
Siswa
dapat membedakan peristiwa tenggelam dan terapung
Siswa dapat menyebutkan 2 jenis alat yang bekerja
berdasarkan hukum Archimedes
|
1
2
|
Jelaskan
perbedaan peristiwa tenggelam dan terapung
Sebutkan
2 jenis alat yang bekerja berdasarkan hukum Archimedes!
|
a.Pb
>Pzc
b.Wb
>Wzc
a.Kapal
selam
b.Hidrometer
|
4
2
|
C2
C
1
|
Mengetahui,
|
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
|
Kepala Sekolah
|
Guru mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
BASHORI, A.MaPd
|
YUSTINI, S.Pd
|
19621108199231003
|
196204141983022002
|
|
|
LEMBER
KERJA SISWA (LKS)
Nama Siswa :
Kelas :
Judul :
Tenggelam,Melayang dan Terapung
Tujuan :
Mengamati peristiwa tenggelam, melayang dan tenggelam
Alat dan Bahan :
1.
Gelas kimia 1 buah
2.
Telur ayam mentah 1 buah
3.
Air
4.
Garam dapur
5.
Sendok makan
Cara Kerja:
1.
Tuangkan air kedalam gelas kimia dan masukkan
telur ayam ! Amati, apa yang terjadi pada telur?
2.
Masukkan garam sedikit -sedikit sambil diaduk.
Amati apakah yang terjadi?
3.
Tambahkan lagi garam sedikit -sedikit sambil
aduk. Amati, apakah yang terjadi pada telur?
4.
Buatlah kesimpulanmu!
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar